Web Usability
Web usability adalah salah satu faktor penting dalam mengembangkan
sebuah web. Pengembang harus memahami
prinsip-prinsip usability sebelum mengimplemen-tasikannya pada sebuah
web. Menurut Jacob Nielsen, usability adalah sebuah atribut kualitas yang
menilai tingkat kemudahan user interfaceuntuk
digunakan. Usability juga mengacu kepada metode untuk meningkatkan
kemudahan penggunaan selama proses perancangan.
Usability didefenisikan melalui lima komponen, yaitu :
Learnability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna untuk
memenuhi task-task dasar ketika pertama kali mereka
melihat/menggunakan hasil perancangan.
B. Efficiency
Efficiency menjelaskan tingkat kecepatan pengguna dalam
menyelesaikantask-task setelah mereka mempelajari hasil perancangan.
C. Memorability
Memorability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan
rancangan dengan baik, setelah beberapa lama tidak menggunakannya.
D. Errors
Errors menjelaskan jumlah error yang dilakukan oleh
pengguna, tingkat kejengkelan terhadap error dan cara
memperbaiki error.
E. Satisfaction
Satisfaction menjelaskan tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan
rancangan.
Sebuah web dengan usability yang buruk akan ditinggalkan oleh
penggunanya. Berikut ini adalah kodisi yang akan membuat pengguna meninggalkan
sebuah web:
-Web sulit digunakan.
-Homepage tidak menjelaskan tentang apa yang ditawarkan oleh perusahaan
dan apa saja yang dapat dilakukan oleh pengguna pada web tersebut.
-Pengguna mendapatkan adanya kesalahan pada web.
-Informasi web sulit dibaca dan tidak mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan
pengguna.
User Experience
User experience bisa berupa kesan yang diperoleh pengguna setelah
menggunakan suatu perangkat lunak termaksud saat mengunjungi
lamanwebsite. Kesan-kesan tersebut bisa berupa kesan positif, seperti
: satisfiying, enjoyable, fun, entertaining, helpful, motivating, dan
lainnya. Dan juga dapat berupa kesan negatif, seperti : boring,
frustasing, annoying, dan lainnya.
Dalam membangun website, pengembang harus memperhatikan bagaimana
caranya agar pengguna dapat merasakan kesan-kesan positif dan meminimalkan
kesan negatif.